Larangan Bersumpah Mendahului Allah

Diriwayatkan dari Jundab bin 'Abdullah, bahwa Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya ada seorang lelaki berkata, 'Demi Allah, Allah tidak akan mengampuni si Fulan!' Maka Allah berfirman, 'Siapakah yang bersumpah mendahului-Ku bahwa aku tidak akan mengampuni si Fulan? Sungguh Aku telah mengampuninya dan menghapuskan amalmu'!" (HR Muslim [2621]). 

Kandungan Bab:
  1. Rahmat Allah meliputi segala sesuatu. Salah satu rahmat-Nya adalah, Dia mengampuni siapa saja yang dikehendaki-Nya selama dosanya bukan dosa syirik, meski hamba itu belum bertaubat, sebagai bentuk karunia dan ihsan (kebaikan) dari-Nya. Kita tidak boleh mempertanyakan perbuatan Allah, namun sebaliknya para hambalah yang akan ditanyai tentang perbuatan mereka.
  2. Terperdaya dengan amal yang sudah dilakukan dapat menimbulkan pandangan negatif terhadap orang lain. Dari situ syaitan dapat menyeretnya untuk menghukumi orang lain sebagai penghuni Jahannam, lalu ia melontarkan sumpah sambil berkata: "Demi Allah, Allah tidak akan mengampuni si Fulan!" atau "Si Fulan tidak akan masuk Surga!" atau "Aku tidak ingin masuk ke dalam Surga yang dihuni oleh si Fulan!" Perkataan seperti ini dapat menghapus amal.
  3. Memutus harapan untuk mendapat rahmat Allah merupakan sebab orang itu bertambah larut dalam kemaksiatan. Karena menurut keyakinannya, pintu rahmat telah tertutup untuknya, akibatnya ia pun bertambah menyimpang dan bertambah nekad berbuat maksiat demi memuaskan nafsu syahwatnya sebelum ajal datang merenggutnya. Keyakinan seperti ini bisa jatuh dalam kekufuran, penjelasan lebih lanjut akan kami sebutkan dalam bab berikut, insya Allah.
  4. Setiap Muslim harus menjadi kunci pembuka kebaikan dan penutup kejahatan. Ya Allah, jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang memiliki kriteria tersebut!
Sumber: Diadaptasi dari Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali, Al-Manaahisy Syar'iyyah fii Shahiihis Sunnah an-Nabawiyyah, atau Ensiklopedi Larangan menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah, terj. Abu Ihsan al-Atsari (Pustaka Imam Syafi'i, 2006), hlm. 147-148.
 Image result for sumpah

Related Posts:

0 Response to "Larangan Bersumpah Mendahului Allah"

Post a Comment