Larangan Halaqah Hari Jumát sebelum Sholat Jumát

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، «أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنِ الشِّرَاءِ وَالْبَيْعِ فِي الْمَسْجِدِ، وَأَنْ تُنْشَدَ فِيهِ ضَالَّةٌ، وَأَنْ يُنْشَدَ فِيهِ شِعْرٌ، وَنَهَى عَنِ التَّحَلُّقِ قَبْلَ الصَّلَاةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ»

Berkata Imam at-Tirmidzi: "Telah mengabarkan kepada kami Musaddad, dia telah berkata (Musaddad): 'Telah mengabarkan kepada kami Yahya.' Dia telah berkata (Yahya): 'Telah mengabarkan kepada kami 'Ajlan, dari Amr bin Syu'aib dari Bapaknya dari Kakeknya.' Bahwa Rasulullah Shollallahu'alaihi wassalam melarang dari jual beli di masjid, melantunkan di dalamnya kebatilan, melantunkan di dalamnya syair dan melarang dari berhallaqah (bermajelis/pengajian) sebelum sholat Jum'at.'" 

(HR. Abu Dawud no. 1079, At-Tirmidzi no. 322, an-Nasa'i no.714, Ibnu Majah no. 1133, Derajat hadits hasan. Lihat Shohih Jami'ush Shoghir no. 6885)

Di Lafazh milik At-Tirmidzi no. 322 dengan sanad hasan:

نَهَى عَنْ تَنَاشُدِ الأَشْعَارِ فِي المَسْجِدِ، وَعَنِ البَيْعِ وَالِاشْتِرَاءِ فِيهِ، وَأَنْ يَتَحَلَّقَ النَّاسُ فِيهِ يَوْمَ الجُمُعَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ

Dari Amr bin Syu'aib dari Bapaknya dari Kakeknya.' Dari Rasulullah shollallahu 'alahi wassalam, Bahwa Rasulullah Shollallahu'alaihi wassalam melarang dari melantunkan syair di Masjid, jual beli di dalamnya dan melarang orang untuk membuat forum kajian (hallaqah) pada hari Jum'at sebelum sholat Jum'at.

Related Posts:

0 Response to "Larangan Halaqah Hari Jumát sebelum Sholat Jumát"

Post a Comment